oh, air dingin!

https://i0.wp.com/data1.whicdn.com/images/12978505/large.jpg

 

Pernah mendengar ”fakta” kalau meminum air dingin selepas makan makanan yang mengandungi lemak, lemak itu akan menjadi beku dan kemudian orang itu menjadi gemuk?

Pertama kali aku mendengar ”fakta” ini adalah dari seniorku. Dia dikira orang yang menjaga badan. Bersenam setiap hari, menghindari makanan berlemak dan menghindari minuman dingin sehabis makan. Alasannya apa? alasannya supaya lemaknya tidak membeku di dalam badan.

” Fakta” itu masih kupercaya sampai aku berumur 17 tahun#halah, ketika temanku juga agak prihatin sama temannya yang suka makan es batu habis makan makanan berat.

Dalam hati aku tuh tertanya-tanya emang benar ya es didalam badan bisa membekukan..?

Malam itu aku googling ke beberapa blog tentang hal itu, dan sampai akhirnya aku tahu kalau itu hanya mitos =,=..

Logikanya begini, air dingin atau es itukan beku kalau diatas suhu badan manusia iaitu 37 darjat celcius.

Nah, setelah air dingin itu masuk ke dalam badan, nggak mungkin kan air itu masih dingin karena badan kita yang panas sudah menyeimbangkan suhu air itu sama dengan badan kita. Jadi air itu tidak menjadi dingin teruus sampai lemak didalam badan kita jadi beku.

https://i0.wp.com/media-cache-ak0.pinimg.com/236x/5d/4f/fd/5d4ffd707246e5dbfdd4a4e498cdf12b.jpg

Jadi ngga ada masalah untuk minum air dingin habis makan, toh juga menyegarkan..iya kan? cuma kalau makan es batu itu, agak gimana gitu karena pembuatan es batu itu kan kita ngga tau asal-usulnya..hehe

Oh, ternyata begitu.. daripada wp ini ngga di update mending aku update sama pengetahuan ginian.. moga bermanfaat 🙂

Leave a comment